Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

*STAI Al Kamal Luncurkan Program KKN di Kecamatan Sale*




Sale, 15 Juli 2024 – STAI Al Kamal resmi meluncurkan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Sale, bertujuan untuk memberdayakan masyarakat setempat. Acara pembukaan dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Ketua Pelaksana KKN Ibu Siti Mahzuroh, M.pd, yang menekankan pentingnya koordinasi dengan kepala desa untuk menghindari potensi permasalahan. Sebanyak 37 mahasiswa dari program HKI dan MPI akan ditempatkan di empat desa: Sumber Mulyo, Joho, Tenger, dan Ngajaran.


Rektor STAI Al Kamal, Bapak H Moh. Noor Hasan, M.H dalam sambutannya mengingatkan sejarah berdirinya STAI Al Kamal dan mengajak mahasiswa untuk mendokumentasikan kondisi desa masing-masing. Ia juga mengajak stakeholder Kecamatan Sale untuk memberikan bimbingan dan saran kepada para mahasiswa. Pak Camat Sale menyampaikan selamat datang kepada mahasiswa dan menekankan pentingnya keseriusan dalam interaksi dan perumusan program KKN. Beliau mengajak mahasiswa untuk berkolaborasi dengan kepala desa, tokoh masyarakat, dan tokoh agama dalam merumuskan program kerja yang akan dilaksanakan. Beliau berharap hasil KKN ini bisa menjadi acuan dalam perumusan kebijakan di tingkat kecamatan maupun desa dan mendorong mahasiswa untuk menggali potensi yang ada di desa masing-masing.



Menurut Narasumber yaitu Ibu Siti Mahzuro, M.pd menyatakan bahwa Program KKN ini bertujuan untuk membangun masyarakat yang mandiri secara ekonomi, sosial, dan budaya, serta menjaga kerukunan antar umat beragama dengan sikap moderat. Sebelum pelaksanaan KKN, mahasiswa akan menerima pelatihan dan pembekalan materi terkait tema KKN yang diusung serta persiapan praktis dan administratif. Pemilihan lokasi KKN dilakukan dengan kriteria tertentu, termasuk desa tertinggal dan masyarakat yang terbuka menerima peserta KKN.


STAI Al Kamal memastikan program KKN sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat dengan memberikan panduan tema KKN, serta bimbingan dari dosen pendamping lapangan. Dosen pendamping lapangan akan mendampingi mahasiswa dalam menganalisis masalah di lokasi KKN, mengembangkan potensi desa, dan menentukan program-program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan desa.


Dengan semangat dan kolaborasi yang baik, diharapkan program KKN ini memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat Kecamatan Sale dan mendukung tujuan Tri Dharma perguruan tinggi: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Penulis: Siti Amanah

Posting Komentar

0 Komentar